Voxan Wattman: Motor Listrik Tercepat di Dunia

Voxan Wattman: Motor Listrik Tercepat di Dunia - Jumlah produsen motor listrik sudah semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Masing-masing motor listrik memiliki keunikan dan fiturnya sendiri-sendiri. Sepeda motor listrik memang memiliki kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan motor berbahan bakar. Salah satu kelemahannya adalah performa yang dimiliki oleh motor listrik yang belum dapat menyamai motor bahan bakar.

Menjawab hal itu, salah satu perusahaan otomotif asal Prancis, Voxan, menciptakan motor listrik sensasional yang diberi nama Wattman. Motor listrik yang diperkenalkan pada akhir tahun 2013 lalu  itu memang boleh disebut sebagai motor listrik dengan performa paling dasyat saat ini jika dibandingkan dengan motor listrik lainnya yang ada saat ini.

Voxan Wattman, Motor Listrik Dengan Performa Terdasyat


Voxan Wattman
Voxan Wattman
Melirik tampilan Voxan Wattman, memang terlihat futuristik walaupun terkesan agak monoton karena lekukan bodi cenderung rata dan flat. Meskipun demikian, bobot motor cukup berat, yakni 350 kg! Nyaris 4x berat motor bebek yang digunakan rata-rata oleh orang Indonesia. 

Jeroan mesin Voxan Wattman juga patut diacungi jempol. Motor listrik ini mampu menembus kecepatan 0-100 km / jam hanya dalam waktu 3,4 detik. Sebagai perbandingan, Kawasaki Ninja 250FI saja memerlukan waktu 7,6 detik untuk melakukannya! Dengan kecepatan maksimum 170 km/jam, performa motor listrik Voxan Wattman bisa disejajarkan dengan motor berkapasitas 400-600cc. 

Performa dasyat yang dimiliki oleh Voxan Wattman ditunjang oleh rangkaian baterai lithium berukuran besar berkekuatan 12,8 kWh yang mampu menempuh jarak 180 km saat baterai dalam kondisi terisi penuh. Kira-kira sebanding dengan jumlah 10 liter bahan bakar Ninja 250FI atau CBR250R.

Pengisian baterai motor listrik ini juga tergolong sangat cepat dengan waktu 45 menit saja hingga baterai terisi penuh hingga siap digunakan lagi. Baterai canggih yang dimiliki oleh Voxan Wattman ini tersembunyi dibalik sasis model rapat yang digunakan oleh motor ini. Bahan dari sasis juga tidak sembarangan, mereka menyebutnya dengan nama exoskeleton.

Melirik ukuran motor, dimensi Voxan Wattman (PxLxT) adalah 235cm x 81cm x 101cm. Menopang berat motor, Wattman mengunakan model sokbreker tidur dengan 4 titik sejajar. Sedangkan pada suspensi depan menggunakan tipe upside-down. Pada sektor kaki-kaki, piranti pengereman menggunakan cakram lebar berdiameter 23 cm dengan 4-piston sejajar.

Menurut kabarnya, motor listrik buatan Prancis ini hanya akan diproduksi secara terbatas dan sesuai pesanan saja. Bagaimana? tertarik untuk membeli motor listrik ini?

Demikianlah informasi mengenai Voxan Wattman: Motor Listrik Tercepat di Dunia. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

Posting Komentar untuk "Voxan Wattman: Motor Listrik Tercepat di Dunia"