Kawasaki KLX 150 L - Mempertimbangkan dari sisi harga, bisa jadi Kawasaki masih menjadi rajanya motor sport dan trail di Indonesia. Tak kurang dari 7 jenis motor berjenis off road / trail bisa ditemui di dealer showroom Kawasaki di tanah air, seperti: Kawasaki KLX 250 S, D-Tracker, KX 250 F, KX 65, dsb.
Salah satu unggulan motor trail Kawasaki adalah KLX. Setelah sukses dengan KLX 150S. PT. Kawasaki Motor Indonesia mencoba menghadirkan varian terbarunya, yaitu Kawasaki KLX 150 L pada akhir tahun 2013 lalu. Meskipun hanya berbeda kode S dan L, namun kedua jenis motor tersebut ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Misalnya pada tapak ban. Kawasaki KLX 150 L hadir dengan ban yang lebih besar dengan kombinasi 21 dan 18" .Ukuran ban tersebut mengikuti standar motor tipikal offroad kebanyakan. Sedangkan Kawasaki KLX 150 S menggunakan ban berdiameter 19 & 16".
Review Kawasaki KLX 150 L Terbaru 2014
Review, Spesifikasi, Harga Kawasaki KLX 150 L |
Untuk velg, Kawasaki KLX 150 L memakai model jari-jari yang lebih padat dibandingkan tipe S, yaitu 36 batang, berbanding 28 milik KLX 150 S. Perbedaan ukuran ban yang digunakan membuat KLX 150L melaju lebih stabil dan mengigit selain membuat tampilan jadi lebih keren. Ban dengan tapak lebar sendiri dipertimbangkan lebih unggul dari segi safety riding, terutama saat bertemu jalanan basah atau berlubang. Tak heran, sebagian pemilik Kawasaki KLX 150 tipe lama rela memodifikasi bannya ke ukuran yang lebih besar. Untuk mengganti ban ke ukuran yang lebih besar pada KLX 150S memang tidak semudah yang dipikirkan, karena memerlukan rombakan pada sokbreker dan lengan ayun sehingga mempengaruhi faktor wheel base.
Untuk test drive pertama setelah ditunggangi, ternyata Kawasaki KLX 150 L memiliki dimensi yang lebih tinggi dibandingkan tipe 150 S. Setelah di cek ricek, ternyata dimensi tinggi Kawasaki KLX 150 L adalah 1.145mm. Sedangkan untuk tipe S memiliki tinggi 1.090mm.
Beralih ke sektor dapur pacu, KLX 150 L tetap hadir dengan mesin 150cc (bersih 144 cc) dengan pembakaran karburator standar yang telah memenuhi standar uji emisi Euro3.
Untuk knalpot, Kawasaki KLX 150 L mengalami perombakan dimana suara knalpot terdengar lebih adem dan tenang dibandingkan KLX 150S. Varian terbaru ini memberikan performa yang lebih halus saat dijalankan.
Untuk power mesin, KLX 150 L mampu menghasilkan tenaga hingga 11,53dk (8 ribu rpm) serta torsi maksimal mencapai 12 Nm (6.500 rpm).
Spesifikasi & Harga Kawasaki KLX 150 L Terbaru 2014
Mesin: | 4 langkah SOHC 2 klep berpendingin udara |
Bore x stroke: | 58 x 54,4 mm |
Rasio kompresi: | 9,5:1 |
Karburator: | Keihin NCV24 |
Sistem pengapian: | DC-CDI |
Sistem starter: | electric & kick |
Transmisi: | 5 speed |
Tenaga: | 11,53 dk/8.000 rpm |
Torsi: | 12 Nm/6.500 rpm |
Tipe rangka: | tubular semi double cradle |
Suspensi depan: | telekopik |
Suspensi belakang: | monosok uni-track |
Velg: | 1.60 x 18 & 1.85 x 21 |
Ban: | 2.75-21 45P & 4.10-18 59P |
Rem: | cakram |
Berat: | 115 kg |
P x L x T: | 2.080 x 770 x 1.145 mm |
Jarak sumbu roda: | 1.340 mm |
Untuk harga, Kawasaki KLX 150 L dibanderol dengan harga yang lebih tinggi, yaitu Rp.25,2 juta OTR. Selisih 2 juta dibandingkan KLX 150S. Hal tersebut cukup wajar dengan segala perubahan yang telah dilakukan untuk seri terbarunya ini. Bagaimana, tertarik untuk menjajal motor offroad anyar ini?
Demikianlah informasi mengenai Kawasaki KLX 150 L: Review Test Drive, Spesifikasi & Harga. Semoga bermanfaat :-)
artikel spesifikasi motor lainnya mengenai:
Posting Komentar untuk "Kawasaki KLX 150 L: Review Test Drive, Spesifikasi & Harga"